parasit pada ikan

Menurut Dirjen Perikanan (2003) menyatakan bahwa secara garis besar kondisi sakit atau penyakit dapat digolongkan menjadi dua penyebab yaitu penyakit non parasiter dan penyakit parasiter. Penyakit non parasiter adalah penyakit yang timbul bukan karena serangan penyakit parasit, tetapi biasanya bersumber dari faktor lingkungan fisika dan kimia air dan makanan, sedangkan penyakit parasiter adalah penyakit yang timbul karena serangan parasit. Pada kesempatan ini akan sedikit dipaparkan tentang penyakit parasiter.

Anonymous (2008) Parasit adalah hewan atau tumbuh-tumbuhan yang berada pada tubuh, insang, maupun lendir inangnya dan mengambil manfaat dari inang tersebut. Dengan kata lain parasit hidup dari pengorbanan inangnya. Parasit dapat berupa udang renik, protozoa, cacing, bakteri, virus, dan jamur. Manfaat yang diambil parasit terutama adalah zat makanan dari inangnya. Oleh karena itu keberadaan parasit dapat menghambat laju pertumbuhan inang dan bahkan secara langsung maupun tidak langsung dapat membunuh inangnya. Hal ini menjadi sangat mengganggu dalam usaha budidaya yang tujuan utamanya adalah mencapai bobot ikan tertentu dengan biaya minimal.

Efek lain yang ditimbulkan dapat berupa luka pada bagian tubuh ikan. Untuk mengambil manfaat dari inangnya, parasit (terutama ektoparasit) harus melukai/menusuk kulit ikan sampai menemukan zat makanan yang dibutuhkan. Luka yang ditimbulkan dapat menyebabkan infeksi organisme patogen pada ikan.

Ikan yang terserang parasit atau dalam kondisi sakit menunjukkan penampakan warna yang pucat. Tetapi tidak selamanya warna pucat adalah akibat sakit. Ikan yang beradaptasi dari tempat gelap ke tempat terang dan ikan yang baru memijah (kawin) juga akan kelihatan pucat. Pada ikan sehat warna ikan akan kelihatan cerah dan mengkilat.Berdasarkan letak penyerangannya parasit dapat dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama disebut ektoparasit yaitu parasit yang menempel pada bagian luar tubuh ikan dan kelompok kedua adalah endoparasit yaitu parasit yang berada dalam tubuh ikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: